PERBEDAAN "VOLUME BASED" DAN "TIME BASED" DALAM PAKET INTERNET

Info & Tips Internet Apa yang dimaksud dengan volume based dan Time Based dalam istilah paket Internet? - Saat kita membeli paket internet sering kita lihat pada judul diatasnya yaitu kalau tidak Volume Based ya Time Based, lalu apa itu volume based dan Time Based ini? secara bahasa "Based" itu diambil dari kata "Base" kalau dalam bahasa indonesia Basis. Ini saya sendiri yang menterjemahkan, jika ada yang salah mohon diluruskan. maklum bukan anak sekolahan cuma kuli dagang.

Volume Based
Sekarang kita sambungkan dari ke-2 istilah diatas, Volume based sama dengan pemakaian internet berdasarkan basis isi, jadi cara penghitungan tarif koneksi berdasarkan jumlah volume pemakaian data selama koneksi internet berlangsung. Hitungannya biasanya dikenakan per kilobytes (Kb) penggunaan data internet


  • Contoh Pemakaian Volume Based: Misalnya Anda mendaftar untuk dapat menggunakan paket internet dengan kuota 100 MB. Ketika Anda mengunduh file sebanyak 10 MB, maka kuotanya akan berkurang 10 MB dan sisa kuota yang dapat digunakan menjadi tinggal 90 MB. Kalau Anda sudah menggunakan semuanya atau sisa kuota sudah mencapai 0 MB, Anda tidak akan dapat lagi menggunakan koneksi internet atau Anda tetap dapat mengakses internet, namun dikenakan biaya tambahan yang diambil dari pulsa yang tersedia.

Time Based
Atau Basis waktu penggunaan Internet, adalah cara penghitungan tarif koneksi berdasarkan lamanya waktu pemakaian selama koneksi internet berlangsung. Hitungannya biasanya dikenakan per menit penggunaan.
  • Contoh Pemakaian Time Based: Misalnya Anda mendaftar paket internet dengan kuota dua jam. Maka selama dua jam Anda bebas menggunakan internet tanpa dikenakan biaya tambahan. Setelah penggunaan internet melebihi dua jam, Anda tidak akan dapat menggunakan paket internet lagi. Waktu dua jam dihitung berdasarkan total waktu penggunaan internet, bukan berdasarkan waktu berjalan. Jadi Anda dapat menggunakan kuota setengah jam internet di pagi hari, 45 menit di malam hari lalu sisanya di keesokan harinya atau tergantung pemakaian. Perhitungan berdasarkan time based memiliki keuntungan jika jaringan internet yang digunakan memiliki kecepatan yang baik, karena tidak ada batasan volume jumlah data yang di download dan upload. 
Baca juga: CARA PAKET KUOTA SUPER INTERNET IM3 OOREDOO TERBARU

Begitulah pengertian atau perbedaan volume based dan Time Based dalam istilah paket internet...

Tanks: http://anakmisa.blogspot.co.id/
Advertisement
PERBEDAAN "VOLUME BASED" DAN "TIME BASED" DALAM PAKET INTERNET